Total Tayangan Halaman

Rabu, 25 Maret 2015

Roti Tawar Isi Coklat

Halo sabat kreasi cantik...

Kali ini kita bikin roti tawar yah,Bukan roti tawar biasa tapi roti tawar isi coklat, Jadi makannya gak usah pakai selai atau susu kental manispun di jamin enak.

Siapkan bahan berikut ya:
Tepung protein tinggi 900gr
Tepung protein rendah 100gr 
Gula pasir 75 gr
Ragi instant 15 gr
Air dingin 400 cc
Susu cair atau fresh milk dingin 100cc
Fresh cream atau whipping cream dairy( cair) 100cc
Susu full cream 400gr
Bread improver 5gr
Mentega putih kualitas bagus 75gr
Garam 18 gr
Bacom 10 gr



Resep asli tidak menggunakan telur, tapi jika ingin menggunakan telur agar lebih gurih bisa ditambahkan 2 butir kuning telur dengan syarat air dingin jangan langsung dimasukkan semuanya, bertahap sedikit sedikit karena pasti pemakaian air berkurang sesudah ditambah telur.
Cara membuat roti tawar:
Campurkan semua bahan kering kecuali garam, Mentega dan Bacom.
Aduk rata menggunakan spatula, Lalu tambahkan susu cair dingin, Mixer atau Uleni, Tambahkan juga air dinggin sedikit sedikit sampai setengah kalis, Masukkan telur sambil dimixer atau diuleni.
Setelah adonan menyatu masukkan mentega putih atau garam, Terakhir masukkan bacom uleni lagi sampai betul-betul kalis elastis.
Sesudah kalis bulatkan roti dan istirahatkan roti sekitar 30 menit atau hingga mengembang 2kali lipat. Untuk adonan setengah kilo tepung terigu yang saya bikin langsung saja digilas tipis memanjang adonannya, isi adonan dengan filling cokelat tipis tipis saja jangan terlalu tebal . Lalu gulung-gulung adonannya sampai membentuk gulungan.
Bagi atau potong roti menjadi 3 bagian sama besar, Susun potongan roti satu baris memanjang diloyang yang sudah diolesi dengan mentega putih, kalau loyang ada tutupnya olesi juga bagian dalam tutup loyang.
Lalu roti diistirahatkan kembali selama satu jam hingga satu jam setengah. Setelah itu panggang roti dengan suhu 200○C selama 35 sampai 40 menit.
Untuk tips memanggang roti, jika roti disimpan diloyang yang ukuran kecil, panggang roti dengan suhu lebih besar tapi dengan waktu yang relatif lebih pendek, tapi jika menggunakan loyang besar panggang roti dengan suhu lebih rendah tapi dengan waktu yang lebih lama.


Selamat berkreasi ibu-ibu Selamat mencoba...



Resep dan foto by:Susianne Flo S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar